Gerakan Senam Aerobik

Senam Aerobik adalah salah satu olahraga senam yang menggunakan musik sebagai media dengan gerakan-gerakan tertentu mengikuti irama musik. Gerakan pemanasan dalam senam aerobik memungkinkan terjadinya transisi dari sebuah kondisi tubuh 'istirahat' menuju kegiatan yang intens. Perubahan akan terjadi pada denyut jantung, dalam sirkulasi darah menuju otot dan nafas Anda. Gerakan Senam Aerobik terbagi menjadi beberapa tahap yaitu Pendinginan, Inti dan Penutuo.

Di antara gerakan-gerakan yang umum adalah jalan di tempat, melangkah dari sisi ke sisi dan menggerakkan lengan pada tingkat pinggang atau lebih tinggi.

Pada tahap ini, Anda juga harus meregangkan setiap kelompok otot utama sehingga Anda terhindar dari cidera. Biasanya diperlukan waktu antara lima sampai sepuluh menit dalam melakukan tahap pemanasan, sampai seluruh bagian tubuh siap untuk melakukan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Gerakan inti senam aerobik
Selama tahap latihan inti, latihan dipusatkan pada peningkatan denyut jantung. Kecepatan dan intensitas gerakan ditingkatkan. Banyak dari gerakan bolak-balik senam aerobik dilakukan pada tahap latihan ini karena gerakan-gerakan tersebut memiliki intensitas tertinggi. Pilihan lainnya adalah gerakan melompat-lompat, penguatan melalui sebuah gerakan atau mengangkat berat dari tubuh.

Intensitas gerakan aerobik adalah kenaikan pada sesi awal, klimaks pada sesi pertengahan dan kemudian mereda menuju tahap akhir pelatihan. Fase ini biasanya berlangsung antara 15 sampai 25 menit tergantung pada keperluannya.

Gerakan pendinginan senam aerobik
Segmen terakhir dari senam aerobik adalah pendinginan dan peregangan. Intensitas latihannya berkurang dan kegiatan akan dilanjutkan dengan gerakan-gerakan yang mirip dengan gerakan-gerakan yang dilakukan pada tahap pemanasan. Pendinginan diperlukan karena penghentian latihan secara mendadak bisa menyebabkan anda pusing dan bahkan   pingsan. Selain itu, jantung harus dibiarkan memperlambat denyutnya secara bertahap.

Di sisi lain, peregangan membantu otot-otot kembali kepada kondisi normalnya. Hal ini juga memberikan kontribusi kepada keselarasan dan fleksibilitas tubuh.

Pastikan bahwa Anda tidak melewatkan sesi awal dan sesi akhir pada tahapan latihan, walaupun Anda merasa tidak mempunyai cukup waktu untuk melakukan semua gerakan-gerakan tersebut.


Kadang-kadang, hal ini menjadi masalah besar bagi banyak orang, karena mereka menambahkan tekanan ekstra pada tubuh mereka dan hal tersebut benar-benar berdampak negatif bagi tubuh.

--



Powered by
Supported by:

 
2011 Pendidikan Dan Olahraga | Blogger Templates for Over 50 Chat Sponsors: Short People Club, Michigan Mechanical Engineer Jobs, California Dietitian Jobs